Mengapa kopi luwak arabika memiliki grade lebih baik dari kopi luwak robusta?

Posted by Unknown on Sunday, October 28, 2012


Jika kita bicara tentang jenis kopi, terutama untuk Indonesia sendiri kita mengenal ada 3 jenis kopi yaitu: Kopi Arabika, Robusta, dan Liberika. Untuk jenis liberika ini sendiri saat ini sudah sangat jarang sekali di produksi. Pasar di Indonesia dan di dunia sendiri paling banyak diminati adalah jenis Arabika dan Robusta.

Kopi jenis arabika menguasai pasar sekitar 60% kopi di seluruh dunia dan sisanya di pegang oleh robusta. Mengapa orang lebih banyak menyukai kopi jenis arabika? Mengapa jenis kopi arabika lebih mahal dibandingkan dengan jenis robusta?

Kopi jenis arabika terdapat pada dataran tinggi diatas 1000 – 2100 meter diatas permukaan laut. Hal ini bisa dipengaruhi faktor kelembaban udara, kebersihan udara dan faktor kandungan tanah. Semakin tinggi dataran, maka kualitas biji kopi yang dihasilkan akan semakin baik, yang pada akhirnya akan menghasilkan aroma dan rasa yang lebih baik pula.

Jika kita lihat dari segi dasarnya saja, kopi luwak arabika lebih baik dari robusta, maka sudah dapat dipastikan untuk jenis kopi luwak pun, kopi luwak arabika tentunya akan lebih baik dari robusta. Karakteristik rasa yang dihasilkan oleh kopi luwak arabika adalah asam, sedangkan kopi luwak robusta memiliki rasa lebih pahit. Itu adalah cara termudah untuk membedakan jenis kopi yang kita minum. Tentunya harus dicoba tanpa gula.

Kopi luwak terbaik saat ini, menurut kami masih di pegang kualitas dan rasanya hanya pada daerah Aceh, Sumatera Utara, dan Toraja. Grade kopi luwak terbaik masih dipegang oleh Aceh dan Toraja (menurut penilaian kami selama ini). Hal inilah yang membuat kami memasarkan kopi luwak arabika Aceh Gayo.

Kopi luwak arabika gayo kami memiliki rasa yang smooth, balance, full body, clean after taste, dengan tingkat bitter dan sweet yang seimbang. Kopi luwak gayo kami dari segi aroma juga memiliki aroma yang harum dan kuat. Jika anda menyeduh kopi dari bentuk roasted yang baru saja di giling, maka aroma yang keluar akan maksimal. Salah satu kelebihan kopi luwak gayo kami memiliki cream yang lembut, dimana itu murni cream dari kopi tanpa campuran cream buatan.

Jika dibandingkan, kopi luwak gayo masih satu grade dengan jenis kopi luwak toraja, dimana memiliki karakteristik yang hampir sama. Jika dibandingkan dengan kopi luwak dari daerah Jawa, Bali, Sumatera Utara, Papua, Sumatera Selatan dna lain-lain, kualitas kopi luwak gayo kami boleh diadu.

Dari faktor-faktor yang saya sebutkan diatas itulah yang menyebabkan mengapa kopi luwak arabika memiliki grade yang lebih baik dibandingkan robusta. Kopi luwak robusta pada umumnya yang kami coba, memiliki karakter yang hampir sama, memiliki karakter pahit yang sangat kuat, sehingga yang bukan penikmat kopi, mereka tidak kuat dengan pahit nya kopi robusta, maka biasanya mereka mencampur dengan gula. Beda hal nya dengan kopi luwak arabika gayo kami, yang bukan penikmat kopi sekalipun, bisa menikmati kopi luwak tanpa gula, karena memiliki rasa yang balance antara pahit dan asamnya.

Semoga informasi ini bermanfaat.
Anda sedang membaca artikel tentang Mengapa kopi luwak arabika memiliki grade lebih baik dari kopi luwak robusta? Silahkan baca artikel Kopi Luwak Tentang | | | yang lainnya. Anda boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste artikel ini, tapi jangan lupa untuk meletakkan link Mengapa kopi luwak arabika memiliki grade lebih baik dari kopi luwak robusta? sebagai sumbernya

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Powered by Blogger.